Melempar Job Review pada Blogger adalah Cara yang Efektif Menaikkan Income Bagi Perusahaan

Maret 10, 2015

Pict Source ; from here
Apakah kamu termasuk orang yang jika mau memutuskan membeli suatu produk tertentu harus melakukan browsing atau googling terlebih dahulu, dengan tujuan untuk mengetahui secara detail tentang produk yang hendak dibelinya ?. Terkadang saya melakukan hal tersebut misalnya untuk ; barang-barang elektronik, perlengkapan make-up, buku, dan lain-lain. Saya yakin hidup di masa sekarang di mana banjirnya arus teknologi dan informasi yang tidak bisa dibendung lagi memudahkan banyak orang untuk menggali informasi yang mereka butuhkan, salah satunya ketika mau membeli produk tertentu harus browsing/googling terlebih dahulu untuk memastikan kejelasan produk tersebut seperti komposisi, harga, manfaat, kelebihan dan lain-lain sehingga setelah kita membaca informasi tersebut apabila informasi mengenai produk tersebut sesuai dengan yang kita harapkan atau butuhkan dan tentunya cocok dengan budget yang kita miliki, menjadikan kita semakin yakin untuk membelinya.
      Pada era digital yang perkembangannya kian melejit tidak menutup kemungkinan perusahaan-perusahaan akan semakin gencar melakukan strategi pemasaran produknya dengan cara mengoptimalkan fungsi internet yang sekarang nyaris tak terbatas oleh ruang dan waktu, siapa saja, dari kalangan mana saja bisa dengan mudah meng-akses dan menikmatinya secara bebas. Jadi saya pikir ini adalah kesempatan emas bagi para blogger untuk mengoptimalkan blognya se-ciamik mungkin baik dari segi kualitas konten blog-nya, keaktifan jam tayang postingan blog (rajin update postingan), dan tentunya ke-famous-an blog kita di dunia maya. Karena banyak perusahaan membidik para blogger untuk mempromosikan produknya melalui Job review. Karena blog (khusunya personal blog) mempunyai daya tarik tersendiri dan dirasa cukup efektif untuk menaikkan jumlah penjualan produk bagi para advertiser atau perusahaan, karena orang cenderung akan lebih mudah percaya melalui tulisan pribadi seseorang terkesan lebih jujur, alami tanpa dibuat-buat, seolah-olah kita layaknya konsumen yang memaparkan testimoni untuk sebuah produk tertentu, tidak seperti layaknya propaganda iklan. Jadi ini kaya semacam strategi pemasaran 'word of mouth' dari mulut ke mulut.
Oh iya mungkin teman-teman ada yang belum tahu mengenai apa itu job review ? menurut pemahaman saya job review itu pihak perusahaan atau advertiser memberikan sebuah pekerjaan kepada blogger untuk me-review produknya mereka atau dengan kata lain membuat ulasan tentang sebuah produk dari A sampai Z, kelebihan dan kekurangannya produk tersebut dan lain sebagainya yang mana dituangkan ke dalam bentuk tulisan mencantumkan link yang mengarah ke website perusahaan tersebut yang kemudian di-posting di blog, terkadang ada juga yang di-posting di website pihak perusahaan namun sejauh yang saya amati ini jarang sekali. Dengan catatan, ini semua terdapat ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama antara si blogger dan pihak perusahaan atau advertiser.
Di sini saya tidak mengulas tentang bagaimana tata caranya supaya mendapatkan job review secara rinci, tapi saya akan menyinggungnya hanya secara garis besarnya saja tentang bagaimana supaya blog kita dilirik oleh advertiser/perusahaan untuk me-review sebuah produk. Seperti sedikit yang sudah dijelaskan di atas sejauh yang saya amati meningkatkan kualitas konten blog-nya, rajin update postingan, dan tentunya page rank dan alexa rank-nya  cukup mumpuni dengan kata lain blog kita cukup famous di dunia maya.
Awalnya saya berpikir kalau para blogger yang menerima job review itu selain kriteria-kriteria yang disebutkan di atas, juga harus memiliki domain pribadi ‘bukan domain gratisan’ dan konten blog-nya harus bersifat khusus misalnya blog travel (blog yang fokus membahas dunia traveling), foods, books, style, fashion, beauty, parenting dan lain-lain. Akan tetapi sejauh yang selama ini saya perhatikan memang benar mungkin punya domain sendiri dan page rank serta alexa rank yang mumpuni menjadi nilai lebih di mata para advertiser, tetapi bukan berarti yang blog-nya masih menggunakan blog gratisan berasa kiamat  (tidak ada harapan lagi untuk mendapatkan job review) atau sama sekali tidak akan dilirik untuk mendapatkan job review  dari advertiser, namun saya perhatikan banyak kok blogger yang domain-nya masih gratisan mendapatkan tawaran job review tentunya karena blog tersebut memenuhi kriteria tertentu yang cocok di mata para advertiser. Selain itu bisa saja kitanya juga yang harus aktif mempromosikan blog kita biar dilirik atau menawarkan diri dengan catatan introspeksi/berkaca terlebih dahulu blog kita sudah layak belum menerima job review dan sudah layak belum jika blog kita layangkan ke pihak advertiser, istilah lainnya kita yang menjemput bola. 
       Dan mengenai besar kecilnya imbalan atau bayaran untuk blogger itu relatif sih, tiap orang punya standard dan persepsi yang berbeda tentang ukuran nominal yang pantas, itu sebuah pilihan. Setelah dilakukan proses negosiasi antar kedua belah pihak, jika merasa imbalannya pantas itu kesempatan untuk blogger menerima job review tersebut dan sebaliknya jika imbalannya dirasa kurang pantas blogger punya hak kok untuk menolaknya. Yang terpenting tidak ada yang merasa dirugikan diantara kedua belahpihak tersebut, memberikan feedback yang baik. Dengan penayangan tulisan di blog yang berisi review produk mereka memberikan peningkatan income bagi perusahaan itu sendiri karena melalui review yang ditulis oleh blogger mampu menjaring konsumen-konsumen baru untuk menikmati produk mereka dan bagi blogger-nya jika mendapatkan imbalannya berupa uang maka bisa digunakan untuk banyak hal, seperti belanja membeli perlengkapan pribadi, membeli kebutuhan keluarga, membeli perlengkapan rumah, jalan-jalan dan bisa juga untuk ditabung. Karena ada juga  yang imbalannya berupa voucher belanja, produk itu sendiri yang di-review dan lain sebagainya tergantung pihak perusahaan dan hasil kesepakatan bersama.
"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

-Dewi Sri- 

You Might Also Like

16 komentar

  1. Keren nih sis reviewnya. Salam kenal, saya pun ikutan GA-nya. Mangga atuh dicek

    BalasHapus
  2. Sekarang berusaha rajin update blog dan menulis yang baik agar blog kita pantas dan dilirik oleh brand untuk menulis job review :D

    BalasHapus
  3. biasanya hadiahnya apa ya klo ngereview produk

    BalasHapus
    Balasan
    1. imbalannya bsa berupa uang, voucher belanja, produk itu sendiri yang di-review dan lain sebagainya tergantung pihak perusahaan dan hasil kesepakatan bersama.

      Hapus
  4. Wah, saya belum pernah review mbak :) tapi kayaknya seru juga, salam kenal dan happy blogging ya :)

    BalasHapus
  5. kira kira ada gak yang ngasih job ke saya huehehe, semoga menang ya

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. hehe udh selesai, dan saya ga hoki hihihi

      Hapus
  7. Mba Dewi Sri, dapat kiriman Liebster Award dari saya. Silahkan dicek di blog saya yaa. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hendra, sebelumnya makasih yah udh mau melempar liebster award itu ke saya. Tapi mohon maaf bgt ya saya ga bisa ngerjain itu soalnya saya udh pernah dapet, bisa di-check di sini : http://catatandewisri.blogspot.com/2014/05/the-liebster-award.html
      Jadi lebih baik lempar ke blogger lain saja yah yg blum pernah dapet. Makasih yah :))

      Hapus
  8. Artikelnya berbobot, saya dukung semoga menang, btw salam kenal dalam kunjungan perdana ini....

    By IQROZEN dari Pulau Dollar

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Kolom komentar ini menggunakan moderasi, silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang santun. Untuk komentar yang sifatnya berlebihan atau spam, promosi dan sejenisnya mohon maaf tidak akan saya tampilkan.
Salam,
-Dewi Sri-