Review Cetaphil Gentle Cleanser

Maret 22, 2017

Hello readers, kali ini saya mau berbagi sekelumit pengalaman tentang dunia skincare. Ya, ini adalah postingan pertama di blog ini tentang kecantikan. Tidak, saya tidak terbawa arus sama beauty blogger sehingga ikut-ikutan kecemplung bahas makeup dan skincare, melainkan adanya ketertarikan sendiri di dalam diri saya untuk berbagi kegelisahan dan rasa happy setelah menggunakan suatu produk tertentu. Dan kali ini yang akan saya paparkan yaitu review Cetaphil Gentle Cleanser. Ada yang belum pernah dengar sama sekali tentang produk Cetaphil ? Jika belum, ini waktu yang tepat untuk menyimak tulisan ini sampai tuntas ya. Mungkin bagi yang aktif mengikuti tren dunia kosmetik atau yang sering update mantengin timeline media sosial para influencer dan atau mantengin blognya para beauty blogger, pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya Cetaphil Cleanser.

Review Cetaphil Gentle Cleanser
Gambar Pribadi

Kesan Setelah Menggunakan Cetaphil

Mencuci wajah adalah bagian dari double cleansing, yang mana ini merupakan salah satu tahapan basic skincare routine. Setelah seharian beraktivitas kita sangat diharuskan untuk melakukan ritual mencuci wajah, meskipun kita sebelumnya telah menggunakan makeup remover, mencuci wajah tidak boleh kita skip agar sisa-sisa makeup, debu, minyak, residu dari produk makeup remover yang masih menempel, maupun kotoran yang menempel di wajah dapat benar-benar terangkat dengan sempurna. Dermatologist menyarankan agar kita rutin mencuci wajah sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum kita beranjak tidur. Dahulu, saya kurang begitu paham tentang pemilihan suatu produk skincare dari yang paling basic sekalipun seperti pembersih wajah, saya ngasal banget. Anggapan saya pada waktu itu untuk mendapatkan hasil yang bersih sabun pembersih wajah itu harus yang berbusa banyak dan kesat rasanya kulit wajah seperti ketarik-tarik gitu, padahal itu pengertian yang salah besar.
Saya sudah melewati fase di mana saya mencoba berbagai merek pembersih wajah (produk drugstore), semuanya sama, setelah dibilas membuat kulit saya yang kering bertambah kering dan kesat. Dari sekian banyak produk yang saya coba Cetaphil memberikan hasil yang berbeda, gak bikin kulit jadi kesat atau kering, tapi membuat kulit jadi terasa lembap, bersih dan segar, ketika diaplikasikan ke area wajah dan dibilas pun kulit terasa lembut dan licin. Teksturnya gel agak mirip cairan susu yang sedikit transparan, tidak berbusa sama sekali karena ini pembersih wajah dengan soap-free formula tidak seperti sabun wajah pada umumnya, serta tidak berbau parfum sedikitpun karena dipastikan tidak menggunakan pewangi (fragrance-free).
Memang, pembersih wajah ini tidak ada efek cerah dan bukan pula pembersih untuk membasmi bibit-bibit jerawat karena produk Cetaphil Cleanser ini tidak mengklaim untuk menghasilkan kulit cerah dan menghilangkan jerawat. Selain itu kurang maksimal untuk membersihkan makeup, jadi tetap ya harus menggunakan remover terlebih dahulu. Waktu itu saya pernah mencoba langsung membersihkan wajah dengan Cetaphil tanpa menggunakan makeup remover terlebih dahulu, setelah itu saya cek  dengan menggunakan makeup remover dan ternyata masih banyak sisa makeup yang masih menempel di wajah, padahal saya hanya menggunakan bedak saja, tanpa foundation dan lain sebagainya. 
Tapi, jangan khawatir untuk kotoran debu, residu, minyak dan keringat sangat ampuh kok. Meski demikian, saya tetap suka banget dengan formula yang terkandug di dalamnya, karena mampu membuat kulit tetap lembut dan menjaga kelembapan alami kulit, kenyal, tidak kesat, gak ada kesan kulit muka jadi kaya ketarik-tarik gitu. Love banget karena cocok untuk kulit saya yang dasarnya memang kering. Untuk kulit sensitif sekalipun aman dipakai. Pembersih ini banyak direkomendasikan oleh para Dermatologist, dan saya juga merekomendasikan pembersih ini untuk yang memiliki kulit kering kalau untuk oily skin kayanya saya kurang yakin. Tapi ada juga sih Cetaphil Cleanser yang memang untuk oily skin, tapi harganya lebih mahal dari yang “for all skin type” hehee.

How To Use ?

Untuk cara pemakaiannya ada dua ; yang pertama kita bisa menggunakan pembersih ini sama halnya seperti sabun pencuci wajah pada umumnya, yaitu dibilas dengan mengguakan air. Setelah mengusapkan pada area wajah, gosok dengan lembut lalu bilas dengan air. Kemudian keringkan dengan cara ditekan-tekan secara lembut dengan menggunakan handuk yang bersih atau tisu. Cara yang kedua yaitu tanpa dibilas dengan air, usapkan pada area wajah, gosok dengan lembut lalu bersihkan dengan menggunakan handuk atau kapas. Ini sama halnya seperti kita menggunakan cleansing milk di wajah. Saya pribadi lebih suka menggunakan cara yang pertama, karena membersihkan wajah jika tanpa dibilas dengan air itu rasanya kurang nampol bersihnya.


Claim  and Packaging


Gambar Pribadi

Cetaphil Gentle Cleanser merupakan pembersih lembut bebas  sabun yang diformulasikan untuk semua jenis kulit, dan ideal untuk kulit sensitif sekalipun. Claim dari Cetaphil :
§  Menyejukkan, tidak menyebabkan iritasi, ideal untuk wajah dan seluruh tubuh.
§  Mempertahankan kelembapan kulit.
§  Membuat kulit terasa halus, lembut dan sehat.
§  Lembut untuk kulit bayi.
Dari pernyataan yang tertera pada kemasannya, pembersih ini tak hanya untuk area wajah saja, tapi untuk seluruh tubuh juga bisa jika kita menginginkannya, tapi saya sih gak akan pernah untuk area tubuh, sayang banget sabunnya, soalnya mahal gaes. Luar biasanya lagi untuk bayi dan anak-anak pun diperbolehkan untuk menggunakannya karena aman tidak akan menyebabkan iritasi.
Untuk kemasan, di mata saya sih kurang menarik yah, apalagi yang kemasan 500ml kesan yang muncul itu seperti bukan sabun untuk wajah, tapi tebal dan kokoh, jadi tidak rawan pecah. Maskipun bentuk tutupnya pump, tapi bisa dikunci jadi aman tidak mudah tumpah. Bagi yang suka traveling kemasan 500ml itu kurang friendly, karena terlalu besar sebaiknya harus punya yang travel size-nya juga 125ml, atau kalau mau hemat bisa juga pakai botol skincare yang travel size, bisa dipindahkan isinya ke situ. Drugstore tertentu atau supermarket biasanya terdapat stock botol kosmetik kecil-kecil yang diperuntukkan untuk traveling.

Price and Where To Buy ?

Untuk sebuah sabun pembersih wajah harga Cetaphil Cleanser ini memang cukup mahal, untuk kemasan 125ml saja dibandrol dengan harga di atas seratus ribu, but worth the price, seriously. Sedikit saran dari saya, kalau minat mau membeli pembersih Cetaphil lebih baik langsung pilih kemasan yang besar saja, yang 500ml, karena selisih harganya antara 125ml dengan 500ml itu tidak terlalu jauh. Dan ini isi produkya tidak cepat habis, awet banget. Saya punya yang kemasan 500ml awet banget, sudah dipakai selama 4 bulan dan masih nyisa banyak, 500ml perkiraan saya bisa sih dipakai untuk jangka waktu sekitar 10-12 bulan.
Awal mula saya tertarik untuk membeli Cetaphil karena review dari orang-orang tentang produk tersebut rata-rata review-nya positif dan recommended banget untuk kulit kering dan waktu itu kebetulan saya punya voucher belanja yang nilainya cukup lumayan, jadilah makin mantap sebagiannya untuk dibelanjakan Cetaphil.
Produk Cetaphil ini bisa didapatkan di Drugstore seperti  Guardian, Century, Watson dan lain-lain atau di e-commerce. Oh iya jika ingin lebih hemat biasanya Guardian suka ada diskon mingguan dan bulanan lho, harga promonya itu kita cuma menambahkan nominal sebesar Rp1000,.- kita sudah bisa mendapatkan produk Cetaphil sebanyak dua buah. Kita jadi hemat 50%  kan ? Hehee.





You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Kolom komentar ini menggunakan moderasi, silakan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang santun. Untuk komentar yang sifatnya berlebihan atau spam, promosi dan sejenisnya mohon maaf tidak akan saya tampilkan.
Salam,
-Dewi Sri-