Jumat, 15 April 2016

6 Tips Mudah Merawat Baju atau Gaun Pesta

Ketika kita mendapatkan sebuah undangan pernikahan dari kerabat, sahabat, kawan dan teman permasalahan utama yang muncul pasti "Duh nanti pakai baju apa yah ? *bingung*" terutama untuk kaum perempuan. Belum lagi bagi yang masih single tapi sudah dikejar-kejar sama umur untuk secepatnya nikah "giliran aku kapan yah ?" *ngomong sama bayangan sendiri di cermin* *lah curhat mbak?*. Karena menghadiri acara pesta pernikahan atau yang sering kita sebut kondangan itu harus tampil formal dan memesona. Jangan sampai kita salah kostum, yang ada nanti jadi pusat perhatian orang banyak, yang malu ya kita sendiri, ya kan ?. Tentunya dari masing-masing individu punya selera yang berbeda untuk koleksi baju-baju pestanya atau bisa juga pemakaiannya disesuaikan dengan tema pesta undangan tersebut. Biasanya berupa dress (baik mid atau long dress), batik, berbagai macam bentuk kebaya serta kain bawahannya, gamis dan lain sebagainya.
Sumber gambar ; google image
Baju-baju pesta ini seperti yang kita tahu merupakan baju spesial atau baju terbaik diantara koleksi baju yang kita punya, biasanya keliatan elegan bahkan ada yang terkesan glamour, karena biasanya terbuat dari bahan-bahan yang lembut seperti sifon, satin, silky, brokat dan berbahan sutra. Nah karena bahan-bahan tersebut cenderung mempunyai sifat yang sensitif oleh karenanya kita juga harus memperlakukannya secara khusus perawatannya, biar tetap awet baik dari segi kualitas maupun tampilannya agar tetap memesona pas dipakai kembali.
Baiklah daripada nanti prolognya semakin panjang, langsung saja yuk kita simak beberapa tips ala-ala saya yang nantinya bisa membuat koleksi baju-baju pesta kita tetap cantik dan nyaman dipakai.

1. Jangan terlalu sering dicuci dan disetrika

Terlalu sering dicuci dan disetrika akan membuat warna akan cepat pudar dan cepat merusak tekstur baju tersebut. Lalu kalau habis dipakai bagaimana ? tergantung lamanya waktu pemakaian sih, berhubung ini kan bukan baju untuk aktivitas ekstrim atau baju bekerja/ngantor kalau dipakainya hanya sebentar dan dirasa tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat ya tak perlu dicuci, cukup diangin-anginkan saja sampai kering. 

2. Jangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci

Penggunaan mesin cuci apalagi kalau sampai dicampur dengan pakaian harian yang lain ini akan merusak struktur bahan baju pesta tersebut. Mencucinya pakai tangan saja, itupun cukup direndam (dengan deterjen cair sangat dianjurkan) lalu dikucek pelan-pelan saja jangan menggunakan sikat ya. Dan tetap jangan dicampur dengan pakaian keseharian yang lainnya.

3. Menggantungkan baju pesta dengan hanger yang tebal.

Gunakan hanger yang terbuat dari bahan kayu atau plastik, jangan menggunakan hanger yang terbuat dari kawat, apalagi kalau baju tersebut berbahan rajut atau kaos, karena hal ini akan membuatnya cepat melar.

4. Menyetrika dengan suhu rendah.

Bahan-bahan baju pesta yang cenderung sensitif, cukup menyetrikanya dengan suhu yang rendah saja untuk menghindari rusaknya struktur bahan dan menghindari warna baju yang cepat memudar.

5. Gunakan pengharum pakaian atau kapur barus

Hal ini untuk mengusir binatang yang sering menyengat di baju yang tidak lama kita pakai serta untuk menghindari jamur dan bau yang tak sedap.

6. Sesekali keluarkan koleksi baju pesta dari dalam lemari

Bukan dijemur loh ya, tapi cukup diangin-anginkan saja di dalam ruangan kamar kita sekitar 30 menit sampai satu jam, setelah itu ya dimasukkan kembali ke dalam lemari. Tujuan perawatan yang ini yaitu untuk memberi penyegaran pada struktur bahan baju tersebut untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baru.
Kurang lebih seperti itulah cara merawat baju pesta ala-ala saya. Bagaimana dengan kamu ? kalau ada yang mau menambahkan boleh banget ditambahkan via kolom comment. Yuk kita saling share !. 
        Bicara soal baju pesta atau baju kondangan, bulan-bulan ini sampai menjelang ramadhan belum lagi nanti pas setelah lebaran idul fitri yang sebentar lagi tiba, biasanya banyak banget  yah yang nyebar undangan pesta pernikahan. Terkadang saya pribadi juga bingung jika dalam satu atau dua minggu dapat undangan pesta pernikahan yang beruntun, bingung untuk menentukan "mau pakai baju yang mana yah?" kadang bosan juga sih, kalau ke acara nikahan pakai bajunya yang itu-itu saja. 
       Saya termasuk orang yang tidak mau terlalu ribet dalam urusan berpakaian, lebih suka model baju pesta yang simpel-simpel saja dan bersyukur juga saya mengenakan hijab jadi tidak dipusingkan dengan urusan penataan rambut yang biasanya memakan banyak waktu. Bagaimana dengan kamu ?. Nah jika kamu lagi bosan juga dengan stock baju pesta yang kamu punya atau jika kamu ingin menambah koleksi lagi buat persiapan siapa tahu nanti dapat undangan pesta pernikahan dan kebetulan mengenakan hijab juga seperti saya, boleh banget nih pantengin Zalora karena di situ banyak banget koleksi busana muslim pesta terbaru dan banyak juga yang lagi diskon. Dan ternyata ada beberapa item yang saya taksir di situ huaaaa *pake kacamata kuda*.


-Dewi Sri-



3 komentar:

  1. artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. terima kasih mbak dewi untuk infonya :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Kolom komentar ini menggunakan moderasi, silakan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas dengan menggunakan bahasa yang santun. Untuk komentar yang sifatnya berlebihan atau spam, promosi dan sejenisnya mohon maaf tidak akan saya tampilkan.
Dan, sebagai rasa terimakasih tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.